Select your Top Menu from wp menus

Ekspor Pisang Indonesia diperkirakan Meningkat

Buah pisang menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia selama tiga tahun terakhir. Data dari Kementerian Pertanian 2016, buah pisang segar menjadi komoditas ekspor buah-buahan kedua terbesar di Indonesia. Sebanyak 85 persen pengekspornya berasal dari Lampung.

Total ekspor buah pisang segar asal Lampung pada tahun 2016 mencapai 14,9 juta ton. Di Lampung ekspor pisang segar dilakukan oleh dua eksportir besar, yaitu PT. Nusantara Tropical Farm (PT. NTF) di Kabupaten Lampung Timur, dan PT. Great Giant Pinneapple Co.(PT. GGPC) di Kabupaten Lampung Tengah.

Kebanyakan eksportir pisang di Lampung memberlakukan pembibitan secara ketat. Salah satu upayanya adalah dengan membuat kebun pembibitan sendiri dan tidak mencari bibit dari luar wilayah penanaman.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada 2017 ini pemerintah telah menyatakan akan semakin mempercepat administrasi ekspor buah-buahan segar, salah satunya adalah merintis kerja sama bilateral dengan negara tujuan ekspor untuk mendapatkan kemudahan pengecekan persyaratan fitosanitari secara online. Kondisi itu diharapkan semakin menggairahkan ekspor pisang segar asal Lampung pada 2017

Secara keseluruhan ekspor buah pisang Indonesia sepanjang tahun 2012 hingga 2016 meningkat dengan laju 165,12% per tahun untuk volumenya, sedangkan nilai ekspornya meningkat lebih tinggi lagi yakni mencapai 175,54% per tahun, sebagaimana tercantum dalam tabel berikut.

 

Related posts