Select your Top Menu from wp menus

Produsen Bahan Kimia Industri Kertas (Kalsium Karbonat)

Kalsium Karbonat
Di Indonesia calcium carbonate termasuk salah satu bahan pengisi (filler) yang cukup penting dalam industri kertas. Selain industri kertas bahan kimia ini juga dapat digunakan sebagai bahan pengisi (filler) dalam industri lainnya seperti pasta gigi, ban, botol plastik, sabun mandi dan industri lainnya.

Calcium carbonate memiliki rumus kimia CaCO3. Bahan kimia ini banyak terdapat dialam dalam bentuk bongkahan batu kapur (limestone/batu gamping) dan batuan kalsit (calcite). Dipasaran, calcium carbonate dijual dalam dua jenis, yaitu jenis heavy (berat) dan jenis light (ringan).

Saat ini di Indonesia terdapat 8 produsen calcium carbonate yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Ke-delapan produsen tersebut adalah PT Bumi Kencana Chemical Industry, PT Camco Omya Indonesia, PT Dwi Selo Giri Mas, PT Finexco Prima, PT Inkalko Agung Mulia, PT Supersonic Chemical Industry, PT Sinar Mas Specialty Minerals dan PT Sugih Alam Nugroho dengan kapasitas produksi seluruhnya mencapai 685,800 ton per tahun.

Sejalan dengan meningkatnya permintaan calcium carbonate dipasar dalam negeri, produksi calcium carbonate Indonesia dalam lima tahun terakhir (2012-2016) cenderung terus meningkat. Bila pada tahun 2012 produksi baru tercatat sebesar 195.631 ton, hingga akhir tahun 2016 produksinya telah meningkat menjadi…Selengkapnya pada Bizteka edisi September 2017

Related posts