Select your Top Menu from wp menus

Profile PT. DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARDS

PT. DUMAS SHIPYARD didirikan pada Desember 1980  oleh beberapa pengusaha swasta nasional, akte notaris perusahaan ini telah beberapa kali mengalami perubahan. Pada Juli 1985 perusahaan ini berganti nama menjadi PT. DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARDS (PT. DTPS).

PT. DUMAS SHIPYARD beroperasi sejak tahun 1983 dibidang Ship-building and Repair Services. Dockyard perusahaan ini berlokasi di Jalan Tanjung Perak No. 426, Surabaya (East Java). Dalam operasinya perusahaan ini membuat berbagai jenis kapal seperti kapal Coaster/Cargo Ships, Passenger Vessel/Ferries, Tugs dan Barges, Tankers, Patrol Boats, Dredgers dan Special Purpose Vessel.

Menurut sumber di perusahaan tersebut menjelaskan bahwa berbagai perusahaan yang telah memakai produk perusahaan ini diantaranya adalah  PT. TRISILA LAUT,DAMEN SHIPYARD GROUP, Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Kementerian Perhubungan dan lainnya. Selain memproduksi berbagai jenis kapal laut, perusahaan ini juga melayani jasa service untuk berbagai jenis kapal yang berlabuh di Tanjung Perak Jawa Timur.

PT. DUMAS SHIPYARD saat ini mampu mengerjakan fishing boat, special purpose ship, tugs and barges, passenger hsips, fast crew suplay vessel and tankers. Kapasitas galangan untuk ship building sebesar 20.000 GT per tahun dan ship repair 40.000 GT per tahun.

Perusahaan ini telah merampungkan kapal container dengan bobot mati 4.180 DWT milik PT. Djakarta Lloyd Indonesia dengan kapasitas 208 TEU. Perusahaan ini juga telah mengerjakan kapal perintis milik pemerintah/Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebanyak 3 unit dengan bobot mati 200 DWT, 750 DWT dan 1.200 DWT dengan masing-masing kapasitas penumpang 114 penumpang, 285 penumpang dan 400 penumpang.

Selain itu pada tahun 2017 ini perusahaan tengah mengerjakan sebanyak 22 unit kapal terdiri dari kapal navigasi milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, kapal patroli milik POLRI, Kapal Perintis (milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut) dan tug boat milik PT. Pelindo.

Secara umum bahwa permintaan untuk Shipbuilding and Repair Services, cenderung berfluktuasi dalam tiga tahun terakhir ini, seiring dengan berfluktuasinya industri kapal laut di dalam negeri.

Artikel ini merupakan kutipan dari STUDI TENTANG INDUSTRI DAN PASAR PERKAPALAN DI INDONESIA, 2017-2021

 

Related posts