Select your Top Menu from wp menus

Impor Super Absorbent Polymer Sulit Dibendung

Impor Super Absorbent Polymer
Besarnya permintaan bahan kimia Super Absorbent Polymer (SAP) atau sering disebut juga polyacrylate oleh industri dalam negeri ternyata mendorong impor bahan kimia tersebut masih sulit dibendung, padahal produsen dalam negeri seperti PT Nippon Shokubai Indonesia telah memproduksi bahan kimia tersebut.

Managemen PT Nippon Shokubai Indonesia (NSI) mengatakan luasnya pemakian bahan kimia Super Absorbent Polymer oleh industri ditanah air, ternyata belum mampu sepenuhnya dipenuhi oleh perusahaan, sehingga pasar diisi oleh produk impor yang berasal perusahaan kimia internasional.

Meskipun demikian lanjutnya perusahaan tidak akan diam saja dan terus berupaya meningkatkan kekampuan produksi, terutama dalam memenuhi permintaan pasar lokal. Apalagi industri yang menggunakan bahan kimia Super Absorbent Polymer semakin berkembang dan sejumlah perusahaan baru bermunculan. Contohnya seperti PT Ellear International Manufacturing Indonesia, PT GEE Gallery Group.

PT Nippon Shokubai Indonesia seperti ketahui merupakan salah satu produsen Acrylic Acid dan Super Absorbent Polymer (SAP ) terbesar di Indonesia. Hasil produk perusahaan tidak hanya digunakan didalam negeri saja melainkan juga di ekspor kesejumlah negara. Bahkan diluar negeri Super absorbent Polymer, yang merupakan produk utama Nippon Shokubai Co. Ltd., induk perusahaan PT. NSI, adalah salah satu bahan baku dalam produksi diapers (popok sekali pakai) sudah di produksi di empat negara yaitu Jepang, Amerika, Eropa dan China.

Super Absorbent Polymer (SAP) adalah bahan makromolekul fungsional baru. Produk ini mampu menyerap beberapa ratus kali atau bahkan lebih dari 1000 kali air dengan berat dalam waktu singkat. Karena kinerja yang sangat baik, SAP telah banyak digunakan pada popok bayi, popok dewasa, pembalut wanita dan banyak lagi. Selain dari penahan air, SAP juga bisa menyerap pupuk dan perlahan melepaskannya. Jadi telah berhasil digunakan di bidang pertanian, kehutanan dan budidaya tanaman.

Berdasarkan informasi yang BIZTEKA peroleh dari berbagai sumber mengatakan produk impor Super Absorbent Polymer (SAP) yang masuk pasar Indonesia berasal dari produsen SAP dunia seperti BASF SE, FORMOSA PLASTIC CO, SUMITOMO SEIKA CHEMICAL CO.LTD, LG CHEM LTD, EVONIK INDUSTRIES AG, SDP GLOBAL CO.LTD, PROCTER & GAMLE, JOHNSON & JOHNSON, KAO CORPORATION, SONGWON INDUSTRIAL CO.LTD, YIXING DANSON TECHNOLOGY.

Related posts


Warning: strpos(): Empty needle in /home/cciindon/public_html/ccinews/wp-content/plugins/tawkto-live-chat/tawkto.php on line 182