Diplomasi Demi Menjaga Performa Pasar Sawit

SAWIT INDONESIA
Pasokan minyak sawit terpangkas signifikan. Penurunan suplai sepanjang dua bulan terakhir berdampak bagus kepada harga. Yang terlihat pelaku pasar merespon  berkurangnya pasokan dengan peningkatan permintaan. Mandatori  biodiesel 20% untuk kebutuhan domestik juga menopang bergairahnya harga. Meskipun, kenaikan tidak melejit. Tetapi, pergerakan harga perlahan-lahan terdongkrak.

Penurunan produksi  dapat menjadi momen perbaikan harga.  Mengingat, kebutuhan dunia terhadap minyak makan dan energi berbasis sawit diperkirakan tumbuh signifikan pada tahun mendatang. Itu sebabnya, bagi perusahaan sawit situasi lemahnya harga seperti sekarang ibarat ujian dan evaluasi kondisi perkebunan mereka.

Diplomasi Demi Menjaga Performa Pasar Sawit
Dalam meningkatkan ekspor produk sawit Indonesia serta dukungkan informasi tentang objektif kelapa sawit kepada masyarakat Uni Eropa, Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit bersama stakeholder sawit lainnya seperti Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Dirjen Perdagangan Luar Negeri dan Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (Aprobi). menempuh jalan diplomasi ke sejumlah negara di kawasan Uni Eropa. (7 Oktober-18 November 2016.)

Sangat penting bagi BPDP untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa industry sawit Indonesia begitu memperhatikan aspek berkerlanjutan serta memiliki kelebihan dibandingkan minyak nabati lainnya

Beberapa agenda diplomasi ini akan dilakukan di beberapa negara Eropa,diantaranya:

  1.  Menghadiri European Palm Oil Coference dan pertemuan forum bisnis bersama Kementrian Perdagangan dan Lingkungan Hidup (KLHK) di Warsawa Polandia.
  2. Pertemuan bisnis di Praha Ceko dan seminar PPI Wageningen ‘Sustainable Palm Oil’ di Belanda. Serta pada festival Colourful Indonesia dan forum bisnis di Paris Perancis.
  3.  Pertemuan dengan Asosiasi Industri Produsen Kendaraan (SIAM), Asosiasi Industri Produsen Suku Cadang Kendaraan (ACMA) pada gelaran Indonesia Expose 2016 di New Delhi India, yang dilanjutkan dengan pertemuan pada acara COP di Marrakesh, Maroko. (Ferrika)

Referensi 

Indonesian Oil Palm Plantation_res

Related posts

error: Content is protected !!