Prospek Industri Karet Alam

Prospek Industri Karet Alam, Karet alam Indonesia memiliki peranan yang sangat strategis karena merupakan salah satu komoditi industri hasil tanaman tropis yang mempunyai peranan penting dan strategis dalam mendukung perekonomian nasional, Indonesia merupakan produsen karet alam terbesar ke dua di dunia dengan produksi 3,2 juta ton lebih setelah Thailand, namun luas areal perkebunan karet alam Indonesia adalah yang terbesar di dunia dengan 3,7 juta Hektar atau sekitar 1,5 kali luas kebun karet Thailand.

Komoditas hasil perkebunan pada beberapa tahun ini bergerak cukup lumayan. Ini terutama untuk jenis tanaman perkebunan yang berorientasi pada pasar internasional. Pertumbuhan permintaan yang meningkat di berbagai negara telah mendorong perkembangan harga pada tingkat yang cukup tinggi. Meskipun fluktuasi harga juga tidak dapat dihindari akibat dari produksi yang melimpah pada masa puncak produksi.

Karet merupakan komoditas ekspor yang cukup menjanjikan, namun bila melihat luas areal perkebunan karet di Indonesia dalam beberapa tahun ini tidak menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Laju pertumbuhan luas areal perkebunan karet ini terlihat rendah. Pada tahun 2013 luas areal perkebunan karet tercatat seluas 3.555.946 ha, pada tahun 2014 tercatat 3.606.245 ha atau meningkat sekitar 1,4%. (sumber: Bizteka/Agustus/2018)

10 Komoditi perkebunan di indonesiaPackaging Company in Indonesia

Related posts

error: Content is protected !!