Select your Top Menu from wp menus

Perkembangan Produksi Minyak Pelumas

Perkembangan Produksi Minyak Pelumas atau yang lebih dikenal oli mesin memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin. Minyak pelumas merupakan salah satu substansi pendukung operasional mesin yang sangat vital. Pemilihan, penggunaan dan penggantian minyak pelumas menentukan kelangsungan operasional mesin.

Jenis – Jenis Minyak Pelumas
Menurut bahan dasar pembuatnya, minyak pelumas digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:

– Mineral oil –   Mineral Oil merupakan minyak pelumas dengan basis base oil tanpa adanya zat aditif tambahan, sehingga sifat-sifat nya masih kurang efektif untuk pelumasan.

– Syntethic oil -Syntethic oil adalah pelumas dengan bahan dasar base oil dan tambahan zat-zat aditif untuk memperbaiki sifat-sifat dari minyak pelumas tersebut. Zat aditif ini bermacam-macam jenisnya, misal untuk meningkatkan viskositas minyak pelumas, menambah kandungan deterjen, meningkatkan harga TBN dan sebagainya. Karena itu jika diinginkan menambah zat aditif pada minyak pelumas maka harus diperhatikan dulu karakteristik minyak pelumas tersebut, misal kekentalan minyak kurang, maka dapat ditambahkan aditif untuk kekentalan, tapi yang perlu diperhatikan penambahan aditif ini tidak dapat memperbaiki kualitas minyak pelumas seperti pada kondisi baru.

Produksi minyak pelumas Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan yang cukup lumayan, seiring dengan berkembangnya industri otomotif, moda transportasi serta industri manufaktur di tanah air. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2013-2017) produksinya tumbuh rata-rata 10,27% per tahun. Produksi tahun 2013 tercatat 660.387 ton kemudian meningkat terus hingga tahun 2016 dengan angka produksi mencapai 902.931 ton, dan diperkirakan akan naik di tahun 2017 menjadi 972.818 ton, seperti terlihat pada tabel berikut ini.

_______
Selengkapnya pada Profil Industri edisi Desember  2017
” Industri dan pemasaran MINYAK PELUMAS DI INDONESIA”

Related posts