Perusahaan Tekstil di Indonesia

Perusahaan-perusahan Tekstil di Indonesia, Ada sekitar 2.000 buruh pabrik sepatu pada bulan Juli 2018 mengalami PHK tepatnya di Karawang Jawa Barat, “Benarkah hal tersebut di sebabkan karena penetapan Kenaikan UMK Karawang?”, atau “Tidak seimbangnya rasio jumlah produksi dan pekerja sebagai dampak dari berkurangnya jumlah permintaan produksi?”.

Akumulasi PHK 2018 sudah mencapai 11.000 orang, sedangkan pada tahun sebelumnya mencapai 29.000 orang, muncul asumsi bahwa PHK masal terjadi karena menurunnya kemampuan perusahaan dalam membayar upah yang di anggap mahal khususnya di Karawang Jawa Barat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut ada dua opsi yang pertama adalah mengurangi jumlah karyawan dan yang kedua memindahkan lokasi pabrik ketempat yang UMK-nya lebih rendah seperti Majalengka, Subang, Cirebon, Garut, Kendal, dan Karanganyar Jawa Tengah.

Perusahaan Perusahaan Tekstil dan Garmen di Indonesia

Pabrik PT. ERATEX DJAJA Tbk di Jawa Timur Terbakar

Disisi lain di Jawa Timur pada 10 Juli 2018, telah terbakar gudang penyimpanan kain milik PT. ERATEX DJAJA Tbk di jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

PT. ERATEX DJAJA Tbk didirikan di Indonesia pada tahun 1972, pada awalnya sebagai operasi tekstil usaha patungan antara dua konsorsium tekstil Hong Kong terkemuka dan mitra Indonesia dan mulai beroperasi pada tahun 1974 di bidang industri tekstil terpadu. Pabriknya berlokasi di Probolinggo, Jawa Timur. Perusahaan go public dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta sejak tahun 1990. Di antara produk-produk dari PT. ERATEX DJAJA adalah benang pintal, kain tenunan, dan garmen, sebagian bahan dasarnya diimpor dan sisanya dipasok oleh lokal, seluruh produksi garmen perusahaan diekspor ke Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, dll.

Dengan lebih dari 30 tahun sebagai pemasok produk pakaian berkualitas,  PT. ERATEX DJAJA Tbk  telah berevolusi menjadi pemasok utama untuk pelanggan titik harga menengah-tinggi di pasar lokal dan internasional. Fasilitas produksi utama PT. ERATEX DJAJA Tbk sebagai manufaktur Garmen terletak di probolinggo, 100 km dari Surabaya, dengan luas bangunan 5.000 m2 di situs seluas 17 hektar (170.000 Sq meter) dengan tenaga kerja lebih dari 4.500 karyawan.

Perusahaan Perusahaan Tekstil di indonesaiInformasi profile perusahaan-perusahan tekstil atau perusahaan lainnya di Indonesia

Dalam buku reperensi bisnis yang berjudul “Indonesian Textile and Textile Produk Directory, 2017” Pada Indek perusahaan (Index by Company) khususnya pada provinsi Jawa Barat ada kurang labih sekitar 437 perusahaan Textile, buku tersebut menampilkan profile-profil perusahaan Tekstil di Indonesia, secara keseluruhan dalam buku tersebut terdapat kurang lebih 1.047 perusahaan tekstil dan garmen di Indonesia mulai dari skala kecil menengah dan besar.

 

 

 

 

 

 

 

Related posts