Industri Sepatu Olahraga di Indonesia

Produk sepatu olahraga yang diproduksi dalam negeri (Indonesia) telah menempati urutan pertama dengan pangsa pasar global terbesar. Pangsa pasar dan produktivitas untuk sepatu sport sudah nomor satu mengalahkan China. Perkembangannya justru sangat cepat karena 5 tahun lalu pasar global kita hanya 10%.

Pemerintah terus mendorong industri alas kaki nasional untuk terus dapat menjajaki pasar ekspor potensial. Selain itu, pemerintah juga tengah merencanakan penyusunan perjanjian dagang dengan sejumlah negara di Eropa.

Kalangan produsen sepatu olahraga dengan merek global seperti Nike, Adidas, dan New Balance berkomitmen untuk memperbesar investasinya di Indonesia, mengingat preferensi pasar global lebih besar untuk produk asal Indonesia.

Sementara itu, menurut Asosiasi Persepatuan Indoensia (Aprisindo) sepanjang kuartal pertama tahun ini, ekspor seluruh jenis alas kaki naik tipis dari kuartal yang sama tahun lalu dengan kenaikan dilevel 3%-5%. Rendahnya angka kenaikan ini karena pasar internasional masih lesu.

Kendati demikian Bizteka memproyeksikan permintaan pasar ekspor di tahun-tahun mendatang masih tetap tinggi. Hal ini terlihat dari minat investasi untuk pasar ekspor masih tetap tinggi. Sejak November 2016 hingga kuartal pertama tahun ini, sudah ada tujuh investor alas kaki yang berminat membuka pabrik di Indonesia dengan nilai investasi sebesar US$ 572,8 juta atau sekitar Rp 7,62 triliun. Dari investasi tersebut, ada beberapa pabrik yang telah menjalin kontrak dengan pemilik merek sepatu olahraga global.

PERKEMBANGAN PRODUKSI SEPATU OLAH RAGA

Indonesia dengan penduduk terbanyak ke-empat di dunia dengan jumlah sekitar 258 juta orang pada tahun 2016 lalu, menjadi incaran investor industri sepatu, baik sepatu olahraga maupun sepatu casual baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan. Tingginya investor yang masuk ke industri sepatu ini mendorong produksinya cenderung meningkat.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2012-2016) produksi sepatu olah raga mengalami pertumbuhan rata-rata 2,21% pertahun. Produksi tahun 2012 tercatat 298,13 juta pasang, kemudian terus meningkat dan mencapai 330,03 juta pasang pada tahun 2014. Dalam dua tahun berikutnya produksi terus…(secara lengkap Prospek Industri dan Pemasaran SEPATU OLAHRAGA di Indonesia bisa di dapatkan pada Jurnal Bisnis Bizteka edisi Agustus 2017)

51 Produsen dan Kapasitas Produski Sepatu Olahraga di Indonesia

 

 

Related posts

error: Content is protected !!