Konsumsi Toluene di Indonesia

produksi, produsen, konsumen tolueneKonsumsi Toluene di Indonesia, sebagaimana diketahui bahwa toluene dapat digunakan sebagai solvent (pelarut) diberbagai sektor industri seperti industri cat dan thinner, tinta cetak, alkyd resin, synthetic resin, lem dan lain sebagainya. Untuk mengetahui seberapa besar konsumsi toluene di masing-masing sektor industri tersebut.

Salah satu konsumen terbesar toluene di dalam negeri adalah industri cat dan thinner. Industri ini di dalam negeri sudah berkembang sejak lama, dan hingga saat ini terdapat ratusan perusahaan yang menerjuni bidang industri ini baik dalam skala rumah tangga maupun skala industri.

Dari produsen cat yang telah ada, beberapa diantaranya yang memiliki kapasitas besar adalah ICI Paints Indonesia (Dulux dan Catylac), PT Nipsea Paint and Chemicals (Nippon, Vinilex, dan Q-Lux),…

 

Perlu diketahui tidak semua produk cat memakai pelarut toluene terutama untuk cat tembok (decorative) yang biasanya merupakan cat waterbase, sehingga perlu dijabarkan produksi cat toluene base. Produk cat toluene base ini menurut beberapa produsen banyak digunakan dalam cat oven, seperti cat mobil, cat industri dan lain-lain.

Untuk lebih lengkapnya kajian mengenai industri dan pemasaran Toluene di Indonesia saat ini sudah dapat di pesan di PT Citra Cendekia Indonesia dalam jurnal bisnis Bizteka edisi Mei 2020.

Related posts

Kirim Pesan
Senang sekali bisa membantu anda, jika ada yang ingin di tanyakan tentang Produk, harga dan Jasa kami......silahkan kirim pesan