Negara Tujuan Ekspor Sorbitol

Negara Tujuan Ekspor Sorbitol, Akses pasar produk sorbitol dalam negeri ke Jepang telah masuk keberbagai sektor industri seperti makanan dan minuman, farmasi, kosmetik, serta industri kimia   meskipun volumenya masih tidak terlalu besar. Namun optimis tahun 2018  ekspor  akan semakin meningkat.

Para pengusaha menyambut baik  terbukanya  pasar produk sorbitol ke Jepang, mengingat selama ini sangat sulit dengan adanya  peraturan  serta pengawasan yang sangat ketat oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Jepang bila tidak dilengkapi berbagai sertifikasi.

Selama  ini memang produk sorbitol PT Sorini telah diekspor ke  Jepang, namun dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu mendongkrak ekspor sorbitol, bila perlu melampui lebih dari  50 persen, sehingga perusahaan semakin diperhitungkan sebagai produsen sorbitol dunia. Ditengah persaingan yang cukup ketat, maka dengan mendorong ekspor sorbitol kesejumlah negara merupakan langkah yang sangat tepat. Meskipun demikan jangan lengah terhadap pasar dalam negeri, karena produk imporpun kini ditenggarai mulai semakin membanjiri pasar lokal.

Produk pemanis buatan sorbitol Indonesia hingga kini telah mampu menembus sejumlah negara, baik Asia, Eropa, Amerika, Timur Tengah hingga Afrika. Dari berbagai negara tujuan ekspor tersebut pada tahun 2017 ekspor terbesar ditujukan ke negara Jepang dan Afrika Selatan.

Ekspor Sorbitol Indonesia

Berdasarkan informasi yang BIZTEKA peroleh, perusahaan yang terjun dalam industri sorbitol ditanah air diantaranya PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk, PT Sorini Towa Berlian Corporindo, PT Sama Satria Pacific, PT Alam Manis Indonesia, PT Budi Starch & Sweetener Tbk. Sedangkan perusahaan luar negeri yakni, Khalista (Liushou) Chemical Industri Co Ltd, Roquette Freres, Global Sweeteners, Gulshan Polyols Ltd, Terio Corporation, Ici Americas dan lainnya. (sumber Journal Bisnis Bizteka Mei 2018)

 

Related posts

error: Content is protected !!