Jumlah Rumah Sakit di Indonesia

Bisnis di bidang kesehatan di Indonesia terlihat terus meningkat, diantaranya adalah Rumah sakit, peralatan kesehatan, obat-obatan dan juga asuransi kesehatan. Rumah sakit sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan terus mengalami pertumbuhan baik dari segi populasi rumah sakit, jumlah tempat tidur ataupun tingkat pelayanannya.

Maraknya pengusaha terjun ke sektor industri rumah sakit karena melihat perkembangan jumlah pasien yang terus meningkat dan juga kebutuhan kualitas perawatan yang lebih prima. Kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang lebih lengkap ini terindikasi dengan banyaknya pasien dari Indonesia yang berobat ke luar negeri.

Ratio jumlah penduduk Indonesia dengan jumlah tempat tidur di rumah sakit masih sangat besar jika dibandingkan dengan beberapa Negara lain. Dengan kondisi ini, maka peluang untuk mendirikan rumah sakit di Indonesia masih terbuka luas. Berdasarkan peluang pasar yang ada tersebut maka PT Citra Cendekia Indonesia (CCI) tertarik untuk melakukan “ Studi Tentang Prospek Bisnis Industri Rumah Sakit Di Indonesia, 2014”.

Rumah Sakit Menurut Wilayah

Perkembangan jumlah rumah sakit di Indonesia menurut wilayah, sebagian besar masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dimana tahun 2013 tercatat 1.162 unit dengan pertumbuhan rata-rata dalam lima tahun terakhir sebesar 11,78%. Sementara diurutan kedua adalah wilayah Sumatera dengan jumlah RS tahun 2013 sebanyak 511 unit dengan pertumbuhan rata-rata dalam lima tahun terakhir sebesar 7,35%, diurutan ketiga adalah wilayah Sulawesi sebanyak 194 unit RS dengan pertumbuhan rat-rata 9,92%, seperti terlihat pada tabel berikut ini.

Jumlah Rumah Sakit Indonesia

Ulasan tentang perkembangan populasi rumah sakit di Indonesia, baik yang dikelola pemerintah ataupun swasta. Selain itu juga diamati tentang perkembangan jumlah tempat tidur, perkembangan jumlah pasien dan juga perkembangan pendapatan rumah sakit, Selain tentang perkembangan industrinya, juga disertakan peraturan pemerintah untuk pendirian rumah sakit di Indonesia. Perkembangan industri rumah sakit yang diamati pada studi ini meliputi 33 propinsi di Indonesia semua telah tersusun pada kajian bisnis (multiclient study) yang berjudul PROSPEK BISNIS RUMAH SAKIT DI INDONESIA,2014 (informasi daftar isi harga dan lainnya dapat menghubungi Bapak Parlindungan di No 021 47884515 ato email “[email protected])

Related posts